Pages

Total Tayangan Halaman

Selasa, 04 Juni 2013

PERLAWANAN SULTAN HASANUDDIN



PERLAWANAN SULTAN HASANUDDIN
Hai para pembaca yang setia menikmati sajian artikel kami tentang sejarah para pahlawan Indonesia yang setia mengorbankan harta benda hingga nyawanya demi mempertahankan Indonesia tercinta ini. Kali ini kami menyajikan sejarah tentang Perlawanan Sultan Hasanuddin dari Makassar.
Siapa yang tidak tahu Makassar ? Pasti semua orang tahu tentang kehebatan Makassar, bukan. Di wilayah ini lah lahir seorang pemuda pemberani yang mendapat julukan “Ayam Jantan Dari Timur”. Pemuda ini adalah Sultan Hasanuddin. Kita akan sedikit membahas perlawanan Sultan Hasanuddin melawan penjajah Belanda.
Sultan Hasanuddin melakukan beberapa hal yang tidak disenangi oleh VOC.
Pertama, ia menjalin persahabatan dengan Maluku yang menjadi lawan VOC.
Kedua, secara sembunyi – sembunyi Hasanuddin juga mengirim pasukan ke Maluku untuk membantu memerangi VOC.
Ketiga, Makassar berusaha untuk menjual rempah – rempah pada pedagang bukan Belanda.
Tindakan yang dilakukan Sultan Hasanuddin tersebut mengakibatkan terjadinya perang tahun 1666 – 1667. Dalam peperangan tersebut, VOC dibantu oleh Aru Palaka yang merupakan musuh Sultan Hasanuddin. Sultan Hasanuddin menderita kekalahan, dan sebagai konsekuensinya ia dipaksa menandatangani Perjanjian Bongaya.
Isinya antara lain :
-         VOC memperoleh monopoli perdagangan di Makassar.
-         Aru Palaka harus diakui sebagai Raja Bone.
-         Hasanuddin harus melepas daerah jajahan.
-         VOC boleh mendirikan benteng di Makassar.
Info : Aru Palaka adalah tokoh yang kontorversial, ia bekerjasama dengan VOC karena  Bome, tanah kelahirannya dijajah oleh Gowa (kerajaan yang dipimpin oleh Hasanuddin). Dalam perspektif sejarah nasional, semua yang bekerjasama dengan VOC dianggap pengkhianat. Sementara, dalam perspektif rakyat Bone, ia diangap sebagai pahlawan.
Ok, sekian dulu postingan dari kami. Kita lanjutkan di postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat dan memberikan sedikit informasi yang mungkin Anda butuhkan. Terimaksih sudah mau membaca dan berkunjung ketempat kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar