Pages

Total Tayangan Halaman

Selasa, 04 Juni 2013

PERKEMBANGAN POLITIK KOLONIAL BELANDA



Terbentuknya kesadaran nasionalisme indonesia
Hai para pembaca yang setia menikmati sajian artikel kami tentang sejarah para pahlawan Indonesia yang setia mengorbankan harta benda hingga nyawanya demi mempertahankan Indonesia tercinta ini. Kali ini kami menyajikan sejarah tentang perkembangan beberapa gerakan kebangsaan di Asia Tenggara.
Siapa yang tidak tahu bagaimana bisa terbentuknya Kesadaran Nasionalisme Indonesia? Pasti semua orang ingin tahu tentang terbentuknya kesadaran nasionalisme indonesia, bukan? Di sekmen kali ini kita akan membahas tentang terbentuknya kesadaran Nasionalisme Indonesia. Selamat Membaca.
Terbentuknya kesadaran nasionalisme indonesia tidak hanya didorong faktor luar, seperti perkembangan politik kolonial Belanda, tetapi juga faktor dari dalam, seperti penderitaan rakyat Indonesia.
1.     Perkembangan Politik Kolonial Belanda
Penderitaan rakyat akibat tanam paksa (1830 - 1870) menuai kritik terhadap pemerintah Kolonial Belanda.kaum Liberal dalam parlemen Belanda mengusulkan perubahan sikap yang mendasar dalam kebijakan pemerintah Belanda di Indonesia.
    Usul golongan Liberal di parlemen adalah membuka seluas – luasnya koloni (open deur politiek = politik pintu terbuka) bagi investasi swasta. Dengan demikian, modal swasta masuk ke Indonesia yang dapat membuka dan memperluas kesempatan kerja.
Usul dari kaum liberal ini diterima oleh pemerintah Belanda, yang kemudian meningkatkan arus investasi swasta di Indonesia.     
Ok, sekian dulu postingan dari kami. Kita lanjutkan di postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat dan memberikan sedikit informasi yang mungkin Anda butuhkan. Terimaksih sudah mau membaca dan berkunjung ketempat kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar